Jenis Kucing Bengal dan Cara Merawatnya

Untuk anda para pet lover terutama pecinta kucing pasti sudah tidak asing lagi mendengar jenis kucing Bengal. Ya kucing dengan corak mirip leopard ini memang menjadi buah bibir di kalangan pecinta kucing karena warna bulunya yang unik yakni kuning kecoklatan dengan bentuk bulatan berwarna hitam di bulunya serta bentuk tubuhnya. Kucing bengal atau juga disebut sebagai blacan merupakan salah satu jenis dari kucing hutan yang merupakan hasil dari sebuah perkawinan silang  antara kucing leopart asia dengan kucing domestik berbulu pendek yang dilakukan oleh ilmuan ternama. Lantas apakah ada perbedaan dengan merawat kucing begal ini dengan kucing lainnya? Selengkapnya mengenai kucing bengal, simak ulasan berikut ini.

 

Kucing bengal sang primadona

Sebelum menginjak tentang bagaimana cara merawat Kucing bengal, lebih baik mengenal terlebih dahulu latar belakang kucing ini. Kucing bengal merupakan kucing yang dilahirkan dari jenis kucing American Short Hair dengan kucing Asian Leopard, sehingga menghasilkan anakan jantan dan betina yang dikawinkan lagi hingga lahirlah kucing bengal. Kucing ini sendiri merupakan kucing yang masuk dalam jenis kucing hutan, jadi kucing ini memiliki sifat dasar yang liar atau bisa dibilang susah diatur, namun jika sudah terlatih kucing ini akan mudah diatur kok. kucing bengal pertama lahir di California. Seperti yang dikatakan tadi kucing bengal memiliki pola spotted wild, hal ini lah yang membuat kucing bengal menarik untuk dipelihara.

 

Ciri Fisik Kucing bengal

Bila anda berfikir kucing bengal ini sama seperti kucing pada umumnya, anda salah. Meski demikian, kucing ini sangatlah setia dan juga sayang kepada pemiliknya. Dan blacan ini memiliki energi yang overload, sehingga akan jarang sekali diam dan akan banyak bermain dengan kalian. Pada umumnya, kucing blacan ini akan sering berinteraksi kepada orang-orang terdekatnya, karena ia sangat senang apabila ada teman yang mau bermain dengannya. Kucing ini merupakan kucing yang amat atletis dibandingkan dengan kucing yang lainnya. Karenanya, kucing ini sangat gemar memanjat pohon maupun memanjat ke tempat yang lebih tinggi. Bagiamana tidak? Bobot badannya mampu mencapai 10 kg untuk jantan dan 5 kg untuk betina. Kucing ini memiliki pola dan warna bulu yang khas yakni bengal seperti namanya. Sehingga memberikan kesan liar. Namun, pola dan warna dasar biasanya mencakup dua, yaitu Rosetted Spotted dan Marble. Kucing bengal juga telah dibekali dengan rahang yang kuat, kuku yang tajam, otot yang atletis, serta refleks yang cepat sebab kucing ini masih termasuk ke dalam keturunan kucing leopard. Nah ada beberapa ciri-ciri dari kucing ini. Berikut ini adalah beberapa rangkumannya, antara lain:

  1. Ukuran badannya panjang.
  2. Memiliki otot-otot tubuh yang kuat.
  3. Tubuhnya besar dan tebal (gagah).
  4. Berbulu rapat dan halus.
  5. Berat untuk jantan bisa mencapai 10 kg dan 4 – 5 kg untuk kucing betina.
  6. Dominasi warna kucing adalah warna cokelat dan hitam.
  7. Aktif dan cerdas.
  8. Pemberani.
  9. Suka dengan air atau suka mandi.

 

Jenis-jenis kucing bengal

  1. Kucing Bengal Rosetted Spotted

Kucing bengal Rosetted Spotted merupakan kucing bengal yang memiliki pola warna rosetted spotted memiliki bintik-bintik atau totol pada seluruh bagian tubuh kucing. Ada lima jenis kucing bengal rosetted spotted, yaitu:

  • Arrow rosetted, pola warna ini berupa totol yang menyerupai bentuk panah.
  • Pawprint rosetted, pola warna ini berupa totol yang menyerupai bentuk jejak kaki anjing.
  • Donut rosetted, pola warna ini berupa totol yang menyerupai bentuk donat dengan bagian luar lebih gelap dibanding dengan bagian dalam.
  • Donut rosetted with chaining, pola warna ini berupa totol yang menyerupai bentuk donat yang sejajar dengan tulang belakang.
  • Cloud rosetted, pola warna ini berupa totol yang menyerupai bentuk awan.
  1. Kucing bengal marble

Selain memiliki pola warna yang berbentuk totol, ada satu lagi kucing bengal yang memiliki pola warna marbel. Berdasarkan pola warna marbel, kucing bengal terbagi menjadi 5 jenis:

  • Horizontal flowing marble
  • Reduced pattern horizontal flowing marble
  • Chaos pattern marble
  • Closed pattern or sheet marble
  • Bullseye patter

 

Warna kucing bengal sendiri kebanyakan berwarna coklat cinamons dengan bintih kehitam-hitaman dan warna tersebut menyeluruh pada tubuh kucing bengal.

 

Cara Merawat Kucing Bengal

Ada beberapa cara nih untuk merawat kucing bengal, diantaranya :

  1. Rutin membersihkan kucing bengal

Sebab bulu yang terdapat pada kucing bengal adalah daya tarik utama dari kucing ini. Sehingga kalian juga harus mau merawatnya secara telaten. Salah satu caranya adalah dengan cara membersihkan bulu-bulunya secara teratur. Untuk aktivitas rutin, kalian juga dapat menyikat bulu si kucing bengal setiap minggu. Atau kalian dapat memakai sikat khusus untuk bulu kucing. Ketika menyikatnya kalian cukup melakukannya selama kurun waktu 5 menit saja. Hal tersebut cukup untuk membuat kotoran yang tertempel pada bulu kucing  akan hilang. Untuk memandikan sendiri kalian dapat mandikannya sendiri dirumah, karena sifat kucing blacan suka dengan air atau tidak takut air maka hal tersebut akan mempermudah kalian ketika akan memandikan si kucing blacan.

 

  1. Memberi makanan yang bernutrisi

Pada dasarnya makanan bergizi menjadi sumber energi yang sangat penting bagi kucing. Makanan bergizi akan membuat hewan peliharaan mampu melakukan beragam aktivitas. Kini sudah banyak sekali pet shop yang menjual makanan bergizi untuk kucing bengal anda, dan jangan lupa sesuai takaran ya!

 

  1. Beri Mainan dan Ajak Bermain

Sebab kucing bengal termasuk ke dalam keluarga kucing hutan, maka tentunya kucing bengal ini mempunyai sifat yang aktif. Sehingga, untuk membuat sifat alami dari kucing blacan yang aktif tersebut terlampiaskan. Maka kalian dapat memberikan mainan pada si kucing blacan. Berikanlah mainan yang sekiranya mampu membuat kucing blacan melakukan aktivitasnya seperti melompat, dan juga berlari. Pada saat si kucing blacan telah kalian beri mainan, kalian juga jangan biarkan dia bermain sendiri begitu saja. Sesekali ajaklah si kucing blacan untuk bermain dengan kalian.

 

Nah itu tadi ulasan mengenai jenis-jenis dan cara merawat kucing bengal. Bagi kalian yang berminat untuk memelihara si bengal ini, maka kalian harus benar-benar siap untuk merawatnya. Sebab si kucing bengal sendiri adalah jenis dari kucing hutan, di mana mempunyai sifat berbeda yang lebih aktif daripada kucing pada umumnya. Bagi kalian yang tertarik untuk merawat kucing bengal ini, kalian dapat mengunjungi kami di denticat.com atau menuju ke lokasi kami di Bojong Nangka V, No.31C Jatirahayu, Pondok Melati Bekasi, Jawa Barat (17414). kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk anda mulai dari pengadopsian hingga ke perawatan kucing bengal agar tetap sehat.

Leave a Comment